Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo Cangkrukan Bareng Warga

tribratanewstuban.com – Masyarakat Jawa mengenal cangkrukan sebagai istilah nongkrong yakni ngobrol santai bersama dua atau 3 orang lainnya. Cangkruk atau cangkrukan bisa dilakukan dimana saja. Di gubug sawah, warung kopi atau bahkan di pinggir jalan sekalipun. Biasanya, cangkrukan tak lengkap tanpa suguhan secangkir kopi. Sebagian orang menganggap kopi inilah yang bisa memantik ide dan tema obrolan yang seakan tiada habisnya dari cangkrukan itu sendiri.

 

Di Kabupaten Tuban khususnya Kecamatan Kenduruan, cangkrukan lebih banyak dilakukan di warung kopi. Siang selepas kerja, warung kopi biasanya dipenuhi oleh masyarakat dari berbagai golongan. Secangkir kopi seharga 2 ribu rupiah tak sebanding dengan ngobrol yang bisa berjam-jam. Tapi itulah nikmatnya cangkruk. Berbagai masalah dibahas dengan cara berfikir sederhana khas masyarakat desa. Dari mulai masalah politik, korupsi, pemerintahan hingga soal sepele tentang pacaran dikupas habis versi obrolan warung kopi.

 

AIPTU SEGER Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo, Kec. Kenduruan, Kab. Tuban, Jatim menilai bahwa cangkrukan ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menggali informasi dan aspirasi masyarakat. Mendengarkan keluhan dan kesulitan warga untuk kemudian dicari solusi terbaik.

Meskipun sekedar cangkruk dan minum kopi bersama warga, kita bisa mendapatkan beribu informasi. Sisi lainnya kita bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat”, ujar AIPTU SEGER.

 

Oleh sebab itulah, saat melaksanakan patroli wilayah hari Senin ( 22 Januari 2018 ), AIPTU SEGER bersama dengan AIPTU ASYIK HENDRO BAWONO, BRIPKA SUWANDI dan BRIPKA WIDIATMIKO menyempatkan diri mampir di rumah sdr. Sugianto salah satu tokoh masyarakat Desa Sidorejo, Kec. Kenduruan, kab. Tuban, Kebetulan di tempat tersebut berkumpul para warga. Kesempatan itupun ia manfaatkan untuk berdialog dan menggali informasi.

Mendengarkan curhat mereka, membahas perkembangan politik, soal pertanian, perekonomian, jaga kamling, bahkan curhat sampai masalah keluarga  ”, ungkap AIPTU SEGER yang menjabat sebagai Ps. Kanit Provos Polsek Kenduruan ini.

 

Lebih lanjut AIPTU SEGER menuturkan, dirinya juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas khususnya terkait menjelang Pilkada Jatim tahun 2018, diharapkan warga untuk berberan aktif membantu menciptakan situasi yang aman dan kondusif saat Pilkada maupun Pasca Pilkada Jatim 2018, penyuluhan berlanjut tentang bahaya miras oplosan, bahaya penyalahgunaan Narkoba dan balapan liar karena dapat merugikan pada diri sendiri dan orang lain, warga juga diharap untuk tertib berlalu lintas dan bagi pengemudi pickup untuk tidak mengangkut orang karena sangat membahayakan keselamatannya.

 

Ditempat terpisah Kapolres Tuban AKBP Sutrisno HR, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Kenduruan AKP Tamami, SH mengatakan “ Saya sudah perintahkan kepada seluruh anggota dan Bhabinkamtibmas untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, selain untuk patroli sambang juga sebagai ajang bersilaturahmi dengan warga, sehingga warga akan merasa terlindungi, terayomi, dan terlayani oleh anggota Kepolisian “ pungkas AKP Tamami, SH Kapolsek Kenduruan Polres Tuban. (suwono).

Sumber : http://tribratanewstuban.com

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)